Latest News

Kota Wisata Batu-Malang

Malang merupakan salah satu kota di Propinsi Jawa Timur, yang terkenal mempunyai berbagai destinasi wisata yang beragam. Obyek wisata yang berada di Malang menarik sekali untuk dikunjungi, terutama oleh wisatawan lokal meskipun tidak jarang wisatawan mancanegara juga berkunjung ke Malang. Ada banyak sekali obyek wisata yang berada di Malang, berikut kami rekomendasikan 7 tempat wisata yang menjadi tujuan populer saat berkunjung ke kota Malang dan Batu.

1. Jawa Timur Park 1 (Jatimpark 1).

Jawa Timur Park 1 atau lebih dikenal dengan Jatim Park 1 berlokasi di wilayah pegunungan Malang, tepatnya berada di jalan Kartika No. 22 kota Batu merupakan wahana rekreasi dan edukasi baru di Propinsi Jawa Timur.  Jatim Park 1 termasuk di lereng timur gunung Panderman dan menempati area seluas 11 hektar dan berada di ketinggian 850 mdpl. Jatim Park 1 menyediakan berbagai wahana yang bisa di nikmati oleh masyarakat luas baik wisatawan domistik dan mancanegara, dengan konsep layanan one stop service rekreasi diharapkan Jatim Park bisa memberikan layanan yang maksimal kepada pengunjung. Berbagai wahana di Jatim Park 1 bisa dijumpai diantaranya beberapa wahana khusus anak-anak misalnya mendayung (flum ride), taman bermain, sky copter, flying tornado, walking animal dan mobil listrik. Jatim Park 1 mulai buka dan melayani wisatawan dari jam 08.30-16.00 WIB setiap hari. Harga Tiket Masuk (HTM) ke Jatim Park 1 untuk hari Senin-Kamis adalah Rp. 50.000, dan hari Jum’at- Minggu harga tiket Rp. 60.000, namun harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu khususnya pada waktu peak season liburan sekolah.

2. Jawa Timur Park 2 (Jatimpark2) 
Jawa Timur Park 2 atau lebih dikenal dengan Jatim Park 2 berada di jalan Oro-Oro Ombo No. 9 Kota Batu, merupakan wahana  wisata yang  juga dekat dengan Jatim Park 1 dan Wahana Malam Batu Night Spectacular (BNS). Wahana Wisata Jatim Park 2 berdiri di tanah seluas 14 hektar, terdiri dari 3 bagian utama yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Tree Hotel. Batu Secret Zoo adalah sebuah kebun binatang mini, memiliki koleksi satwa baik dari dalam dan luar negeri. Di dalam Secret Zoo kita bisa melihat koleksi berbagai satwa unik, seperti monyet terkecil di dunia, kura-kura dan tikus terbesar di dunia, terdapat juga koleksi ular dan buaya. Disisi luar kita bisa melihat wahana aquarium yang menampilkan beberapa spesies ikan baik ikan air tawar maupun ikan air laut, ada juga beberapa jenis burung dan harimau putih. Bagian utama selanjutnya adalah Museum Satwa yang berada disebelah Batu Secret Zoo, di dalam museum ini terdapat berbagai jenis satwa yang telah diawetkan, ada juga fosil berbentuk dinosaurus yang dipajang. Bangunan Museum Satwa ini mirip sekali dengan White House di Amerika Serikat. Bagian utama terakhir adalah Tree Inn Hotel atau Hotel Pohon, bangunan hotel ini sangat unik, menyerupai sebuah pohon raksasa sehingga tamu yang menginap di hotel ini seakan-akan menginap dalam pohon raksasa ini. Harga tiket untuk masuk ke wahana ini mulai Batu Secret Zoo dan Museum Satwa adalah Rp. 60.000 pada hari biasa, dan Rp. 75.000 pada saat akhir pekan. Apabila hanya berkunjung ke wahana Museum Satwa pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 20.000 saja

3. Taman Rekreasi Selecta
Taman Rekreasi
Selecta berada di desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, 13 Km dari Kota Batu, berdiri dilahan seluas 20 hektar dan berada pada ketinggian 1100 mdpl dengan suhu rata-rata setiap harinya adalah 17 derajat Celsius. Selecta telah ada sejak tahun 1928, dibangun oleh seorang Belanda bernama Reyter Dewild, dahulu tempat ini sebagai tempat peristirahatan warga Belanda yang tinggal di Indonesia, dikenal dengan nama Selectia yang berarti pilihan. Selecta merupakan tempat wisata yang sejuk dan nyaman untuk di kunjungi, area Selecta di kelilingi oleh 3 gunung besar yaitu Anjarmoro, Gunung Arjuno dan gunung Welirang. Setelah masuk dalam area wisata Selecta, kita bisa menikmati kolam renang, taman bunga, pasar buah dan sayur, terdapat juga koleksi berbagai bunga baik dari dalam dan luar negeri. Disamping itu juga disediakan fasilitas pendukung lainnya seperti restaurant, hotel dan villa bagi pengunjung yang berkenan menginap untuk beberapa saat di tempat ini. Selecta merupakan tempat rekreasi tertua di kota Batu, namanya tidak hanya di kenal di Indonesia tetapi juga sampai mancanegara, seperti Malaysia dan Taiwan. Seiring perkembangan waktu, tempat rekreasi Selecta juga mengalami perkembangan, saat ini diarea tempat wisata ini juga terdapat sepeda air, area berkuda dan ada juga tempat rekreasi petualangan outbound dengan flying fox nya.

4. Taman Rekreasi Sengkaling
Taman Rekreasi
Taman rekreasi Sengkaling terletak di Raya Mulyoagung No. 188, Kecamatan Dau, kabupaten Malang berjarak lebih kurang 10 Km dari pusat Kota Malang. Berada pada lahan seluas lebih kurang 9 Hektar, dengan 6 hektarnya merupakan taman dan tanaman pohon yang rindang. Taman rekreasi Sengkaling ini pertama kali didirikan oleh seorang kewarganegaraan Belanda bermana mr. Coolman pada tahun 1950, namun semenjak tahun 1975 sampai sekarang telah diambil alaih pengelolaannya oleh Bentoel Group. Pada awalnya tempat rekreasi ini hanya diperuntukkan bagi karyawan PT. Bentoel dan keluarganya, seiring dengan perkembangan banyak sekali warga sekitar yang berkeinginan untuk bisa menikmati tempat rekreasi ini, sehingga pada akhirnya tempat rekreasi ini benar-benar dibuka dan diperuntukkan untuk khalayak umum. Tempat rekreasi Sengkaling mulai buka di jam 06.00 s/d 17.00, dimaksudkan untuk memberi keleluasaan bagi siapapun untuk menikmati tempat rekreasi ini bersama keluarga. Taman rekreasi ini juga selalu berbenah untuk menjadi tempat rekreasi yang terbaik, sarana yang bisa kita nikmati di dalam tempat rekreasi Sengkaling ini adalah wisata air, yang konon seluruh air yang berada dalam kawasan wisata ini berasal dari Kolam Tirta Alam yang dipercaya orang bisa membuat awet muda.

5. Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun
Air Terjun Coban Rondo adalah salah satu air terjun dari beberapa air terjun yang terdapat di daerah Malang dan sekitarnya, terkenal dengan keindahannya alamnya. Terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Propinsi Jawa Timur. Coban Rondo mempunyai Ketinggian sekitar 84 meter dan berada di ketinggian 1.135 mdpl. Berjarak 12 Km dari Kota batu dan lebih kurang 24 Km dari Kota Malang. Akses menuju air terjun Coban Rondo ini sangatlah mudah, bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua, mobil ataupun kendaraan umum. Selain wahana air terjun di area ini juga tersedia bumi perkemahan, warung-warung dan beberapa penginapan yang dikelola oleh Perhutani setempat. Sangat menyenangkan bila mengunjungi tempat ini bersama keluarga, selain hawa yang sejuk, hembusan angin pegunungan akan membuat kita betah berlama-lama ditempat yang satu ini, melepaskan sejenak kepenatan rutinitas dan aktifitas kita. Sangat direkomendasikan bila sedang berkunjung ke Malang atau Batu untuk bisa berkunjung ketempat ini

6. Batu Night Spectacular (BNS) 
Batu Night Spectaculer
Batu Night Spectacular atau BNS terletak di daerah Batu Malang, tepatnya berada di jalan Raya Oro-Oro Ombo No. 200 kota Batu. Tempat wisata ini menjadi salah satu andalan pariwisata kota Batu, disaat liburan sangat banyak di kunjungi wisatawan baik oleh wisatawan domistik maupun mancanegara. Biaya masuk wisata ini relatif murah dan terjangkau yakni Rp. 15.000 dan biaya parkir sebesar Rp. 2.000-Rp. 5.000. BNS menyediakan banyak sekali wahana bermain bagi pengunjungnya, mulai wahana wisata untuk anak-anak sampai orang dewasa dengan masing-masing wahana mempunyai perbedaan biaya dalam memainkannya, wahana wisata tersebut diantaranya Rodeo dengan biaya Rp. 10.000, Monkey Jump dengan biaya Rp. 7000, Disco Bumper Car dengan biaya Rp. 10.000, Baby Wheel dengan biaya Rp. 7000, Mini Car/ Mini Train/ Jump Arround/ Marry Go Ground dengan biaya Rp. 7000, dan area Kids Zone dengan biaya (Rp. 15.000). Pengelola taman wisata BNS tidak memperbolehkan tamu atau pengunjungnya membawa makanan dan minuman kedalam area bermain BNS. Bagi pengunjung BNS yang menyukai tantangan bisa masuk ke wahana rumah Hantu dengan tiket sekali masuk Rp. 7000 untuk hari Senin-Kamis, dan harga tiket Rp. 10.000 untuk hari Jumat-Minggu. Wahana yang menantang adrenalin lainnya adalah Batlle Area, mega Mix dan masih banyak lagi. Tempat rekreasi ini juga menyediakan wahana bagi pengunjung yang menyukai tehnologi dengan masuk wahana Rumah 4 D dengan biaya masuk Rp. 12.000. Ada satu lagi wahana yang bisa dinikmati pengunjung yakni wahana rumah Kaca, disini pengunjung akan di uji ketangkasannya untuk mencari jalan keluar dari rumah kaca tersebut, dan wahana ini tidak dikenakan biaya alias Free. BNS mulai neroperasi mulai jam 15.00-24.00 WIB. Akses untuk menuju tempat wisata ini juga sangat mudah, baik dari Malang atau dari Surabaya, bisa menggunakan kendaraan roda dua, mobil atau kendaraan umum. Direkomendasikan untuk dikunjungi disaat sedang berada di Malang atau wilayak sekitar Kota Batu.

7. Alun-Alun kota Batu-Malang
Kota Batu
Jika berkunjung ke Kota Malang, tidak lengkap rasanya kalau kita tidak mengunjungi Kota Batu, selain mempunyai berbagai macam wahana rekreasi kota Batu juga mempunyai taman atau alun-alun yang indah, biasa di sebut Alun-alun kota Batu. Alun-alun kota Batu mempunyai keunikan yaitu adanya bangunan yang menyerupai buah-buahan, diantaranya buah apel yang merupakan icon kota Batu sendiri, bangunan buah Strawbery yang merupakan tempat informasi kota Batu, selain itu juga terdapat taman bermain bagi anak-anak, air mancur serta taman yang rindang. Ada satu wahana rekreasi yaitu bianglala, satu-satunya wahana yang dikenakan biaya untuk menaikinya, biayanya hanya Rp. 3000 untuk sekali naik. Alun-alun kota Batu memang tempat wisata untuk semua kalangan, disini kita bersantai dengan keluarga dan menikmati sejuknya udara di pagi hari dan dinginnya udara disaat kita berkunjung ke Alun-alun Batu pada malam hari. Alun-alun kota Batu juga sering dijadikan sebagai ajang pentas seni, banyak musisi lokal dan ibu kota yang telah menggelar pentas seni disini diantaranya seperti Ahmad Dhani, Wulan Jameela, d’Masiv serta para musisi Yogyakarta yang tergabung dalam Saunine Orchestra. Disekeliling Alun-alun kota Batu juga tersedia berbagai macam kuliner, setelah lelah bermain dan bersantai ria pengunjung bisa memilih kuliner di sekitar alun-alun Batu, terdapat juga masjid diseberang alun-alun. Sungguh tempat yang nyaman dan indah untuk dikunjungi, bila sedang berada di Batu sempatkanlah untuk mampir ke Alun-alun kota Batu dan nikmati kenyamanan dan keindahan taman ini. 
By.Wisesatravel.com

0 Response to "Kota Wisata Batu-Malang"